RSS

Mengatasi dan mengobati mencret / diare pada kucing

Kotoran kucing yang baik adalah kotoran yang berbentuk padat. Jika kita melihat kotoran kucing yang cair dan lembek perlu diwaspadai kucing anda terkena gejala diare .

Untuk mengetahui pengobatannya, ada baiknya kita perlu mengetahui apa penyebab kucing menjadi diare. Ada beberapa penyebab yang membuat kucing diare, antara lain :


  1. Perubahan jenis makanan, perubahan jenis makanan yang mendadak dapat membuat sistem pencernaan kucing tidak berfungsi baik. Ada baiknya untuk perubahan jenis makanan kucing, misalkan satu merek ke merek lain, dilakukan secara bertahap. 
  2. Memakan makanan yang buruk bagi kucing, contohnya adalah memberikan kucing susu yang mengandung laktosa yang terdapat pada susu manusia pada umumnya. Untuk jenis makanan yang pantang bagi kucing untuk memakannya dapat dilihat di laman ini : makanan yg berbahaya.
  3. Virus, infeksi virus, misalnya rotavirus dan adenovirus
  4. Perubahan iklim dan cuaca
Ketika kucing terindikasi terkena diare, segera konsultasikan ke dokter hewan. Namun untuk tindakan pertamanya bisa kita lakukan tindakan sebagai berikut : 


  1. TEMPEbisa jadi salah satu alternatif makanan alami yang bisa meringankan diare sekaligus mengontrol populasi mikrobia penyebab diare.caranya: cukup di campurkan pada makanan biasanya, kalo tidak mau makan, tempe bisa direbus pake kaldu ayam, untuk merangsang nafsu makan kucing.
  2. PUASAKAN KUCINGPuasakan kucing dewasa 24 jam, anak kucing 12 jam. Jangan dikasih makan, cukup sediakan minum air putih. Diminumin VCO (Virgin Coconut Oil) 5 ml sehari kucing dewasa, 2,5ml kitten.
  3. Berikan oralit untuk mencegah dehidrasi 
  4. Ganti makanannya bila penyebab diare karena perubahan jenis makanan


Untuk penggunaan obat diare yang biasa digunakan manusia, seperti entrostop , diapet dll berdasarkan pengalaman orang, dapat menyembuhkan diare. Namun alangkah bijaknya jika dokter yang memutuskan pengobatan apa yang pas untuk kucing kita


 http://aboutkucing.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Love Cat ani Cursors at www.totallyfreecursors.com